Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • LPPM UBB - Gang IV No.1, Balun Ijuk, Kec. Merawang, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33172
blog-img-10

Posted by : adminlppm

Buka Workshop Jurnalisme Lingkungan

Merawang, UBB— Hari pertama Workshop Jurnalisme Lingkungan dengan topik “Berdaya Pulihkan dan Lestarikan Kepulauan Bangka Belitung”  digelar dan dibuka langsung oleh  Rektor UBB, Dr. Ibrahim, M.Si. dan Head Operation Mongabay Indonesia, Dr. Ritzki R Sigit, di Ruang Akustik, Gedung Timah 1 UBB (Senin pagi, tanggal 24/01/22).

Ada sekitar  29 perserta yang hadir— terdiri dari Perwakilan Dosen dan Mahasiswa UBB, serta perwakilan jurnalis media lokal di Bangka Belitung.

Dr. Ibrahim, M.Si. selaku Rektor UBB, diberi kesempatan pertama untuk menyampaikan Welcome Speech terkait kegiatan Workshop Jurnalisme Lingkungan tersebut.

Pada sambutannya selama kurang lebih 15-20 menit, Beliau menyampaikan urgensitas atau pentingnya pelaksanaan kegiatan Workshop tersebut, khususnya bagi para Sivitas Akademika di UBB.

“Kita harus sadar bahwa kita memiliki banyak potensi, baik dari sisi sumber daya alam maupun dari segi kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang saat ini. Namun potensi itu bisa dengan mudah dan cepatnya berubah destruktif, ketika kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan hidup tidak kuat. Nah, kegiatan hari ini dan dua hari ke depan, utamanya akan memerkuat kesadaran kritis kita terkait lingkungan dan bagaimana membangun skema pembangunan berkelanjutan yang selaras dengan visi UBB,” ungkap Rektor Ibrahim.

“Tentu output lainnya adalah bagaimana Dosen, Mahasiswa dan para Jurnalis yang terlibat sebagai peserta,  bisa tertarik untuk memilih jalan sebagaimana yang dilakukan Mongabay selama ini, yakni fokus menyoroti isu lingkungan yang disuarakan melalui penulisan jurnalisme investigatif yang kritis,”tambahnya. 

Selain itu,  Rektor Ibrahim juga menyampaikan bahwa Ia ingat perkataan Pak Taufik (tim Mongabay wilayah Bangka Belitung)—salah satu output konkret dari kegiatan ini adalah kompilasi tulisan dari para peserta Workshop yang akan dipublikasi oleh Mongabay. 

“Tulisan-tulisannya nanti diharapkan berbasis investigasi soal lingkungan, bukan hanya mengandalkan “katanya” atau perspektif tertentu yang cenderung bersifat opini yang subjektif,” tukasnya.

Workshop hari pertama ini, diisi oleh dua Narasumber yang merupakan Dosen sekaligus Peneliti dari Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan UBB, yakni Wahyu Adi, S.Pi., M.Si. dan Arthur Muhammad Farhaby, S.Si., M.Si.  Beliau berdua menyampaikan materinya dengan gaya santai, interaktif dan selalu mengkaitkan dengan contoh kontekstual sesuai kondisi lingkungan, khususnya wilayah pesisir dan laut di Bangka Belitung.

lppm ubb

 (hz/humas)